Ahad 13 Sep 2015 12:41 WIB

AS-Cina Bahas Kejahatan Siber

Bendera Cina dan AS
Foto: AP PHOTO/Andy Wong
Bendera Cina dan AS

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Senior Amerika Serikat dan pejabat Cina membicarakan keamanan csiber dan masalah lain menjelang kunjungan Presiden Cina Xi Jinping ke Washington akhir bulan ini.

Seperti diberitakan Channel NewsAsia, Ahad (13/9), keamanan siber telah menjadi isu yang memecah belah AS dan Cina. Bahkan AS menuduh peretas Cina menyerang komputer AS, namun Cina menyangkal.

Penasehat keamanan nasional AS, Susan Rice memiliki pembicaraan jujur dan terbuka tentang isu siber pada pertemuannya dengan sekretaris politik dan hukum Komisi Pusat Partai Komunis Cina, Meng Jianzhu.

Delegasi Cina juga mengadakan pertemuan dengan Direktur Federal Bureau Investigation James Comey dan perwakilan dari Departemen Kehakiman, Negara dan Perbendaharaan juga dengan Komunitas Intelijen.

Presiden Barack Obama bulan lalu mengatakan akan meningkatkan perhatian terhadap perilaku keamanan siber Cina ketika bertemu dengan Xi di Washington.

Pemerintah Obama juga sedang mempertimbangkan sanksi kepada individu dan perusahaan untuk serangan siber terhadap perdagangan AS. Peretas Cina juga telah terlibat dalam peretasan besar anggota pemerintah AS tahun ini yang lebih dari 20 juta karyawan federal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement