Senin 14 Sep 2015 06:22 WIB

Warga Eropa Gelar Unjuk Rasa Solidaritas Pengungsi Suriah

Rep: c27/ Red: Esthi Maharani
Pengungsi Suriah
Foto: AP
Pengungsi Suriah

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Puluhan ribu warga dari pelbagai negara mengikuti aksi unjuk rasa untuk menunjukan solidaritas terhadap pengungsi. Mereka mendukung agar negara-negara eropa menerima para pengungsi Suriah. Aksi tersebut berlangsung di kota seperti Kopenhagen, Stockholm dan Budapest ke Athena dan Madrid.

Hampir 30.000 warga berkumpul di ibukota Denmark Kopenhagen untuk mendukung kedatangan pengungsi. Dengan keras mereka mengatakan "Katakanlah keras dan mengatakan itu jelas: Pengungsi yang diterima di sini."

"Saya di sini untuk mendukung pengungsi yang telah diusir dari rumah mereka karena apa yang telah terjadi di Suriah, dengan pemboman dan pembunuhan," kelahiran Maroko Mohammed Harra kepada koran Politiken, dilansir dari OnIslam, Senin (14/9).

Di beberapa ibu kota negara Berlin, Herlsinki, dan Lisbon, unjuk rasa dihadiri oleh ribuan orang untuk menyerukan hal yang sama.  Mereka mendukung kedatangan para pengungsi Suriah untuk datang ke Eropa.

Unjuk rasa untuk mendukung pengungsi Suriah datang disebabkan oleh seorang pejabat senior PBB telah memperingatkan bahwa jika perang di Suriah terus berlanjut, satu juta lebih orang yang dapat mengungsi pada akhir tahun.

"Kecuali sesuatu yang besar dilakukan untuk menyelesaikan konflik ini melalui cara-cara politik, kereta manusia yang telah mulai bergerak keluar dari Suriah dan lingkungan akan terus berjalan selama berbulan-bulan yang akan datang,"  kata anggota PBB dan koordinator kemanusiaan di Suriah, Yacoub El Hillo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement