Rabu 16 Sep 2015 13:13 WIB

Xi Jinping akan Kunjungi AS

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ani Nursalikah
Xi Jinping
Foto: Reuters
Xi Jinping

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Gedung Putih mengonfirmasi kunjungan Presiden Cina, Xi Jinping ke Amerika Serikat pada September, Selasa (15/9). Xi akan diberikan sambutan kenegaraan sesampainya di AS.

Gedung Putih mengatakan Xi akan dijamu di Gedung Putih untuk makan malam kenegaraan pada 25 September. "Ini akan menjadi peluang perluasan kerja sama AS-Cina," kata juru bicara Gedung Putih.

Xi dijadwalkan berkunjung ke Seattle pada 22 September sebelum menuju Washington dan New York. Ia akan menyampaikan pidato di Dewan Umum PBB pada 28 September.

Beberapa isu yang mungkin dibahas dalam kunjungan kenegaraan ini diantaranya isu Laut Cina Selatan dan Timur. Cina mengklaim sebagian besar teritorial maritim dan pulau di dua wilayah lautan tersebut. AS telah mendeklarasikan keterlibatan dalam sengketa wilayah antara Cina dan negara-negara tetangganya tersebut.

Selain itu, isu penyadapan dan pengintaian juga tampaknya akan dibahas. Pekan lalu, Presiden Barack Obama menuduh serangan siber terhadap beberapa institusi, termasuk jutaan data pemerintahan, dilakukan oleh Cina. Obama menyebutnya tidak dapat diterima.

Cina menyangkal keterlibatan serangan. Kunjungan ini juga kemungkinan membahas pelemahan ekonomi di Cina yang berimbas pada ekonomi global.

sumber : BBC
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement