Ahad 20 Sep 2015 11:11 WIB

ISIS Ledakan Sebuah Kuil Kuno

Rep: C25/ Red: Didi Purwadi
Sebuah bangunan hancur akibat ledakan di Provinsi Homs, Suriah, pada 14 Juni lalu. (ilustrasi)
Foto: EPA/SANA
Sebuah bangunan hancur akibat ledakan di Provinsi Homs, Suriah, pada 14 Juni lalu. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, HOMS -- Setelah menghancurkan situs bersejarah di Palmyra, kelompok militan ISIS dikabarkan kembali menghancurkan sebuah kuil kuno di provinsi Homs, Suriah.

Dilansir dari Anadolu Agency, kelompok militan ISIS meledakkan peledak yang sudah ditanam di Temple of Bel dari jarak jauh, yang mengakibatkan kehancuran total dari situs budaya tersebut.

Candi itu terletak tidak jauh dari kota kuno Suriah di Palmyra, sebuah situs warisan dunia UNESCO yang dibangun oleh bangsa Romawi.

Menurut UNESCO, candi itu mengandung motif arsitektur beragam dan mencerminkan berbagai budaya yang berkembang di daerah Suriah pada saat itu.

Insiden ini mengikuti pembongkaran ISIS pada awal bulan ini di Baalshamin, kuil kuno lain di Palmyra, suatu tindakan yang oleh pimpinan UNESCO Irina Bokova digambarkan sebagai kejahatan perang. Militan ISIS di Suriah juga telah menguasai Palmyra pada bulan Mei tahun ini.

Konflik sipil Suriah yang saat ini sudah memasuki tahun kelima, telah meninggalkan puluhan ribu orang tewas dan jutaan lain warga Suriah terpaksa mengungsi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement