Senin 21 Sep 2015 11:00 WIB

Tahun Depan AS Janji Terima 85 Ribu Pengungsi

Rep: Gita Amanda/ Red: Teguh Firmansyah
 Keluarga imigran berjalan di perbatasan antara Serbia dan Kroasia dekat Kota Tovarnik, sebelah timur Kroasia, Rabu (16/9).
Foto: AP/Matthias Schrader
Keluarga imigran berjalan di perbatasan antara Serbia dan Kroasia dekat Kota Tovarnik, sebelah timur Kroasia, Rabu (16/9).

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry mengatakan, Paman Sam siap menerima 85 ribu pengungsi dari seluruh dunia pada tahun depan. Jumlah tersebut rencananya akan meningkat pada 2017, hingga mencapai 100 ribu pencari suaka.

Seperti dilansir Aljazirah, Senin (21/9), John Kerry mengatakan, akan meningkatkan jumlah pengungsi pada 2016. AS siap menampung 85 ribu pengungsi.  Hal itu disampaikan Kerry saat menggelar konferensi pers pada Ahad (20/9), usai membahas masalah pengungsi dengan Menteri Luar Negeri Jerman Frank-Walter Steinmeier.

Banyak dari pengungsi yang diterima akan berasal dari Suriah. Namun para pejabat AS mengatakan, pengungsi juga akan datang dari daerah yang bergolak di Afrika. Kerry tak mengatakan, berapa banyak pengungsi dari Suriah. Namun menurutnya, Washington siap untuk membantu.

"Dalam konsultasi dengan Kongres, kami akan terus mengeksplorasi cara meningkatkan jumlah kuota migran,  tapi pada saat sama tetap menjaga keamanan," ujarnya.

Pernyataan Kerry disampaikan di tengah peringatan keras kubu Partai Republik. Mereka mengatakan, membuka pintu bagi banyak pengungsi berpotensi mengundang teroris.

sumber : Aljazirah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement