Selasa 22 Sep 2015 00:37 WIB

Negara Islam Banyak Danai Universitas Terbaik Dunia

Rep: c33/ Red: Esthi Maharani
Pusat Studi Islam Oxford
Foto: oxcis.co.uk
Pusat Studi Islam Oxford

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS – Hingga hari ini, dana dari negara-negara Islam terus memasuki kantung universitas-universitas terbaik dunia. Tercatat, salah satu penerima dananya yaitu kampus terbaik Prancis, Universitas Sorbonne.

Seperti dilansir dari Israel National News, Presiden Sorbonne, Philippe Boutry menandatangani perjanjian dengan Qatar. Dalam tiga tahun ke depan, negara Islam kaya minyak tersebut akan mendanai ratusan imigran Suriah yang terdaftar sebagai mahasiswa Sorbonne. Universitas Sorbonne pun telah menerima tawaran dana sebesar 600 ribu euro setiap tahun selama tiga tahun.

Sementara itu, negara Islam lainnya turut ‘membeli’ kampus ternama. Tercatat, delapan universitas termasuk Oxford dan Cambridge sudah menerima dana lebih dari 233,5 juta poundsterling dari Arab Saudi sejak 1995. Total dana tersebut merupakan yang terbesar dalam sejarah pendanaan eksternal pada kampus Inggris.

Sedangkan di Amerika pun turut terjadi pendanaan serupa dari negara Islam. Tak kurang dari 20 juta dollar sudah didonasikan ke pusat studi Timur Tengah di Universitas Arkansas. Universitas Berkeley di California dan Universitas Cornell di New York masing-masing memperoleh 5 juta dan 11 juta dollar.

Berikutnya, Universitas Texas memperoleh dana setengah juta dollar, Universitas Princeton (1 juta dollar) dan Universitas Rutgers (5 juta dollar).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement