Kamis 24 Sep 2015 04:27 WIB

JK: Penyelesaian Konflik Aceh Jadi Rujukan Dunia

Wakil Presiden Jusuf Kalla.
Foto: Antara
Wakil Presiden Jusuf Kalla.

REPUBLIKA.CO.ID, DUBAI -- Wakil Presiden M Jusuf Kalla mengatakan pengalaman Indonesia dalam menyelesaikan konflik di Aceh menjadi rujukan bagi negara-negara di dunia.  Saat ini, kata Kalla, banyak negara ingin yang ingin mempelajarinya.

"Selama ini di dunia, konflik yang bisa diselesaikan secara tuntas hanya Aceh. Dan pengalaman Indonesia ini menjadi rujukan dunia," kata Wapres M Jusuf Kalla saat transit di Dubai, UEA, Rabu.

Wapres M Jusuf Kalla dan rombongan dalam perjalanan menuju New York Amerika Serikat untuk menghadiri sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-bangsa. Ikut dalam rombongan selain Ibu Mufidah Kalla juga ketua tim ahli Sofyan Wanandi.

Wapres mengakui saat ini ada beberapa negara yang sudah meminta bantuan Indonesia untuk membantu dalam menyelesaikan konflik mereka. Wapres mengatakan, Indonesia telah mengirimkan tim khusus yang dipimpin mantan Menteri Hukum dan HAM Hamid Awaludin untuk membantu menyelesaikan konflik di Kolumbia dan negara-negara lainnya.

"Sekarang ini sumber konflik bermacam-macam, namun yang terutama, persolan ideologis, politik, dan sumber daya alam. Dan penyelesaiannya harus meliputi tiga hal itu," kata inisiator perdamaian di Aceh tersebut.

Wapres Jusuf Kalla mewakili pemerintah Indonesia dijadwalkan akan menyampaikan pidato di depan Sidang Majelis Umum PBB pada Sabtu (26/9).

Selain itu Wapres Jusuf Kalla juga akan menyampaikan pidato dalam satu sesi "Peacekeeping Summit" bersama Presiden AS Barack Obama dan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement