Sabtu 26 Sep 2015 08:52 WIB

Vatikan Sudah, Kini Bendera Palestina akan Dikibarkan di PBB

Rep: c25/ Red: Damanhuri Zuhri
Bendera Palestina
Foto: Reuters
Bendera Palestina

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Bendera Palestina akan dikibarkan, 30 September 2015 nanti ketika Presiden Mahmoud Abbas menyampaikan pidato di Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Dilansir dari anadolu agency, bendera Vatikan dinaikkan untuk pertama kalinya di markas PBB di New York, Jum'at (25/9), setelah dua pekan Majelis Umum PBB menerima proposal negara-negara non anggota untuk mengibarkan bendera mereka.

Bendera dikibarkan tanpa gembar-gembor atau upacara di sisi timur laut dari First Avenue dan 42nd Street, pada hari yang sama Paus Francis berbicara di depan forum 193 negara.

Majelis Umum menerima resolusi Palestina yang diajukan pada 10 September lalu, dengan mengizinkan negara non anggota untuk mengibarkan bendera mereka di kantor pusat PBB bersama negara-negara anggota. Palestina dan Vatikan sendiri merupakan satu-satunya negara non anggota di PBB.

Meski ada pertentangan sengit dari Israel dan sekutu, langkah simbolis Palestina tetap bisa dilakukan untuk meningkatkan upaya pengakuan internasional atas status kenegaraan mereka.

Bendera Palestina dijadwalkan akan dikibarkan, Rabu (30/9), ketika Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas menyampaikan pidato pada debat umum tahunan kepala negara dan pemerintah di Majelis Umum.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement