Rabu 30 Sep 2015 11:42 WIB

Ini Dia Daftar Orang-Orang Terkaya 2015 Versi Forbes

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Indira Rezkisari
Pendiri Bill and Mellinda Gates Foundation, Bill Gates menyampaikan paparan ketika menghadiri peluncuran The Indonesia Health Fund di Jakarta, Sabtu (5/4).
Foto: Prayogi/Republika
Pendiri Bill and Mellinda Gates Foundation, Bill Gates menyampaikan paparan ketika menghadiri peluncuran The Indonesia Health Fund di Jakarta, Sabtu (5/4).

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Forbes baru saja merilis daftar 400 orang terkaya di dunia untuk tahun 2015, Selasa (29/8). Peringkat-peringkat utama tidak banyak berubah meski ada nama-nama baru yang mewarnai daftar tersebut.

Peringkat pertama masih tidak berubah sejak 22 tahun lalu, yaitu taipan Microsoft, Bill Gates (59 tahun). Meski kekayaannya menurun sebanyak enam persen, ia tetap menduduki posisi pertama dengan jumlah kekayaan 76 miliar dolar AS. Forbes menemukan bahwa kekayaannya yang berasal dari Microsoft hanya berjumlah 13 persen.

Posisi kedua ditempati oleh rekannya, Warren Buffett, ketua eksekutif Berkshire Hathaway. Ia sudah menduduki posisi kedua sejak 2001 lalu dengan jumlah kekayaan 62 miliar dolar AS. Sementara posisi ketiga diduduki oleh Larry Ellison pemimpin bisnis perangkat lunak Oracle dengan kekayaan 47,5 miliar dolar AS.

CEO Amazon.com Jeff Bezos dan CEO Facebook Mark Zuckerberg berhasil naik peringkat masuk dalam daftar top 10. Bezos kini menjadi orang keempat terkaya dengan jumlah kekayaan 47 miliar dolar AS. Sementara Zuckerberg mengamankan posisi ketujuh dengan pendapatan 40,3 miliar dolar AS.

Penggagas Nike, Phil Knight (77 tahun) berhasil masuk dalam top 20 untuk pertama kalinya sejak 18 tahun lalu. Selain itu, Penemu layanan Uber, Travis Kalanick berhasil menggandakan kekayaannya hingga mencapai 50 miliar dolar AS.

Selain pemain lama, Forbes mencatat ada 25 pendatang baru dalam daftar The Forbes 400. Diantaranya adalah Evan Spiegel, miliarder termuda di dunia. Ia baru berusia 25 tahun dan menjadi kaya setelah menciptakan aplikasi pesan mobile SnapChat dengan rekannya Bobby Murphy.

Pendatang baru lainnya adalah Robert Smith yang keturunan Afrika-Amerika. Ia menjadi Afrika-Amerika terkaya kedua setelah Oprah Winfrey ketika menjadi penggagas layanan rental akomodasi Airbnb bersama rekannya Nathan Blecharczyk, Brian Chesky dan Joe Gebbia.

Keseluruhan 400 orang dalam daftar ini bisa Anda lihat di Forbes.com/forbes-400 yang dilengkapi dengan foto, video dan deskripsi kekayaan mereka.

Namun, ini lah 10 orang terkaya pada 2015 versi Forbes:

1. Bill Gates (56 tahun)

2. Warren Buffett (85 tahun)

3. Larry Ellison (71 tahun)

4. Jeff Bezos (51 tahun)

5. Charles Koch (79 tahun)

6. David Koch (75 tahun)

7. Mark Zuckerberg (31 tahun)

8. Michael Bloomberg (73 tahun)

9. Jim Walton (67 tahun)

10. Larry Page (42 tahun)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement