Rabu 30 Sep 2015 18:50 WIB

Dituduh Konsumsi Sapi, Muslim India Dikeroyok Hingga Tewas

Rep: Gita Amanda/ Red: Teguh Firmansyah
Sapi di India
Foto: independent.co.uk
Sapi di India

REPUBLIKA.CO.ID, UTTAR PRADESH -- Seorang pria di India utara tewas dihakimi massa. Serangan terjadi setelah ia dan keluarganya dituduh mengonsumsi dan menyimpan daging sapi di rumahnya.

BBC News melaporkan, Rabu (30/9), Mohammad Akhlaq (50 tahun) ditendang dan dipukuli dengan batu hingga tewas oleh sekelompok warga dari Dadri, Uttar Pradesh, pada Senin (28/9) malam. Putranya yang berusia 22 tahun juga terluka parah dan telah dilarikan ke rumah sakit.

Enam orang telah ditangkap terkait insiden ini. Polisi mengatakan, penyelidikan sedang dilakukan untuk mengetahui penyebar rumor yang menyatakan Akhlaq menyimpan dan mengkonsumsi daging sapi.

Seperti diketahui, penyembelihan sapi merupakan isu sensitif di India. Hewan tersebut dianggap suci oleh umat Hindu yang terdiri dari 80 persen dari total populasi.

Uttar Pradesh merupakan salah satu negara bagian di India yang memperketat aturan tersebut. Mereka melarang penyembelihan, penjualan dan konsumsi daging sapi.

Keluarga Akhlaq mengatakan, mereka tak menyimpan daging sapi melainkan daging kambing di lemari es mereka. Polisi kini mengambil daging tersebut untuk diuji.

Putri Akhlaq, Sajida, mengatakan sekitar 100 orang lebih warga dari desa mendatangi rumahnya. Mereka kemudian menuduh keluarganya menyimpan daging sapi. Massa pun mendobrak pintu dan mulai memukuli ayah dan kakaknya.

sumber : BBC
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement