Ahad 04 Oct 2015 08:34 WIB

Pesawat Pengangkut Jenazah Jamaah Haji Iran Tiba di Teheran

Pejabat Iran menyambut kedatangan jamaah haji Iran yang wafat dalam insiden Mina.
Foto: PressTV
Pejabat Iran menyambut kedatangan jamaah haji Iran yang wafat dalam insiden Mina.

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Pesawat pertama yang membawa jenazah jamaah haji Iran tiba di Teheran pada Sabtu (3/10). Kepulangan jenazah ini setelah sembilan hari kedua negara saling bersitegang setelah tragedi di Mina.

Presiden Hassan Rouhani dan pejabat senior lainnya menyambut kedatangan pesawat yang membawa jenazah jamaah haji di bandara.Pesawat tersebut membawa 104 jenazah, dan direncanakan sisanya akan diterbangkan kembali pada waktu yang belum ditentukan.

Sebelumnya, pemerintah Arab Saudi merilis bahwa telah meninggal 769 jamaah haji asal pelbagai negara pada 24 September di Mina. Dan sebanyak 464 jamahan haji Iran menjadi korban tragedi Mina tersebut.

Dikutip dari Arabnews, Ahad (4/10), laporan awal menunjukkan bahwa tragedi itu bermula  setelah dua gelombang jamaah haji berkumpul di jalan sempit, sehingga  menyebabkan ratusan lainnya terhimpit dan terinjak-injak. Pasca peristiwa tersebut, Arab Saudi telah menolak tuduhan Iran yang mengatakan bahwa Suadi tidak melakukan palayanan dengan baik dan menutup-nutupi jumlah korban.

Selain dari Iran, ada 14 negara lain yang teridentifikasi jamaahnya menjadi korban tragedi Mina. Untuk mengurus permasalahn tragedi Mina, Pemerintah Arab Saudi telah melakukan investigasi dan para pejabat akan bertangung jawab jika peristiwa tersebut memang kesalahan pihak Saudi.C27

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement