Kamis 08 Oct 2015 03:43 WIB

Kairo Sediakan Taksi Khusus untuk Perempuan

Rep: c16/ Red: Teguh Firmansyah
Sopir taksi wanita (ilustrasi)
Foto: Republika Online/Mardiah
Sopir taksi wanita (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO – Kairo menghadirkan layanan angkutan baru yang aman bagi perempuan. Kini perempuan di Kairo bisa bepergian kemana saja tanpa perlu khawatir dengan menggunakan taksi berwarna pink atau merah jambu.

Reem Fawzi, pemilik layanan taksi merah jambu ini menjamin privasi dan kemanan para perempuan di Mesir melalui layanannya. Pasalnya, taksi merah jambu ini bebas dari pengendara laki-laki alias dikemudikan oleh pengemudi perempuan dan hanya melayani penumpang perempuan.

Layanan ini hadir menanggapi tingginya angka kekerasan dan pelecehan seksual terhadap perempuan di Mesir. Dengan adanya layanan ini, Fawzi berharap dapat mengurangi beberapa risiko bagi para perempuan yang bepergian di tempat umum.

“Untuk menggunakan layanan ini, penumpang harus memesan terlebih dahulu. Penumpang diwajibkan mengirimkan gambar identitas nasional mereka,” kata Fawzi dilansir the Guardian, Rabu (7/10).

Armada merah jambu ini juga dilengkapi dengan kamera internal dan sebuah mikrophone untuk merekan setiap perjalanan. Selain itu, ada pula tombol ‘kill’ untuk memberhentikan taksi secara jarak jauh apabila diperlukan.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement