Kamis 08 Oct 2015 14:27 WIB

Kebakaran Hutan di California, Empat Tewas

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ani Nursalikah
Kebakaran hutan di California, AS.
Foto: LA Times
Kebakaran hutan di California, AS.

REPUBLIKA.CO.ID, SAN FRANCISCO -- Sebuah kebakaran hutan terjadi di California hingga menewaskan empat orang dan melukai empat pemadam kebakaran, Rabu (7/10). Kebakaran telah terjadi selama sebulan dan merusak utara San Francisco.

Kebakaran yang disebut Lembah Api itu menewaskan lebih dari 2.000 rumah dan bangunan. Departemen Kehutanan dan Perlindungan Kebakaran California (Cal Fire) mengatakan daerah yang terimbas yaitu Lake, Napa, Sonoma dan beberapa wilayah pembuat anggur California.

Lembah Api tersulut sejak 12 September lalu dan menyebar secara intensif. Ini menjadi salah satu kebakaran paling merusak di negara bagian tersebut di antara bencana lain dalam sejarah California.

Kebakaran juga dipicu oleh kekeringan yang melumpuhkan sehingga hutan jadi mudah terbakar. Empat korban tewas termasuk seorang perempuan cacat yang terjebak di rumahnya. Tim evakuasi telah membantu sekitar 20 ribu orang untuk menyelamatkan diri dan meninggalkan rumahnya.

"Helikopter dapat beroperasi di atas area kebakaran sebagai bagian dari operasi sapu bersih. Petugas pemadam kebakaran terus meningkatkan garis hitam yang ada dan pembersihan titik panas di daerah kebakaran," katanya.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement