Senin 12 Oct 2015 23:17 WIB

Suu Kyi Ingatkan Ancaman Kerusuhan saat Pemilu

Rep: Gita Amanda/ Red: Didi Purwadi
Pemimpin oposisi Myanmar, Aung San Suu Kyi, berorasi dalam kampanyenya di Moe Nyin, Kachin, Myanmar, Ahad (4/10).
Foto: EPA/Nyein Chan Naing
Pemimpin oposisi Myanmar, Aung San Suu Kyi, berorasi dalam kampanyenya di Moe Nyin, Kachin, Myanmar, Ahad (4/10).

REPUBLIKA.CO.ID, YANGON -- Pemimpin Partai Liga Nasional Demokrasi (NLD), Aung San Suu Kyi, mengatakan dalam kampanye di Hmawbi, Yangon, untuk waspada akan kemungkinan adanya orang yang menghasut kerusuhan saat pemilihan umum (pemilu) mendatang. Suu Kyi mengatakan pemilu ini sangat penting untuk memilih orang yang mampu memimpin pemerintahan baru.

"Orang-orang harus waspada pada hari pemilihan, kemungkinan ada orang-orang yang sengaja mendalangi kerusuhan untuk mencegah pemilu damai,'' katanya, seperti dilansir The Nation, Senin (12/10).

Suu Kyi mengatakan, pemilu sudah semakin dekat. Banyak orang tahu pentingnya pemilu dan ia berharap warga menyadari poin ini.

"Pemilu sangat penting dalam semua sistem demokrasi. Anda memahami bahwa pemilu adalah tentang memilih orang yang mampu memimpin pemerintahan baru," kata Suu Kyi. ''Pemilu sangat penting bagi kita semua. Untuk itu, saya mengingatkan Anda.''

Suu Kyi menambahkan pemilu benar-benar akan menghilangkan sistem pemerintahan di mana para pemimpin mencari peluang tapi melupakan tanggung jawab. Hanya dengan dukungan rakyat maka sistem dapat diubah.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement