Rabu 14 Oct 2015 12:41 WIB

Singapura Kembangkan Robot Pelatih Olahraga untuk Manula

Rep: Gita Amanda/ Red: Indira Rezkisari
 Robocoach mampu bertanggung jawab dan melatih manula dengan melakukan 15 jenis latihan lengan setiap pekannya.
Foto: Infocomm Development Authority of Singapore
Robocoach mampu bertanggung jawab dan melatih manula dengan melakukan 15 jenis latihan lengan setiap pekannya.

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA -- Robot di Singapura yang satu ini tak bisa melawan kejahatan layaknya Robocop. Ia juga tak bisa melayani manusia. Namun, robot ini mampu menjadi pelatih senam bagi manusia lanjut usia (manula) dan membantu mereka tetap sehat dengan olahraga teratur.

Robot android bernama Robocoach ini memiliki lengan logam dan wajah berbentuk layar datar. Menurut Infocomm Development Authority of Singapore (IDA) robot telah membuka 'kelas olah raga' di lima pusat manula di negara tersebut tahun ini.

"Ini efektif menarik minat manula melakukan rutinitas olah raga mereka dengan benar berdasarkan teknologi sensor gerak. Umpan baliknya positif, banyak manula menikmati cara baru latihan fisik ini," kata IDA kepada Guardian, Rabu (14/10).

IDA akan terus memantau Robocoach ini dari waktu ke waktu. Jika sukses, mereka akan menempatkan lebih banyak robot pelatih olah raga tersebut di sejumlah pusat kegiatan manula.

Politeknik Ngee Ann Singapura yang mengembangkan Robocoach mengatakan robot memiliki wajah kemerahan, mata biru dan dua gigi. Ia mampu meniru gerakan mimik manusia. Dalam situsnya Ngee Ann mengatakan, Robocoach mampu bertanggung jawab dan melatih manula dengan melakukan 15 jenis latihan lengan setiap pekannya. Dia juga bisa mengenali suara manusia dan menginstruksikan latihan rutin.

"Dia memperlambat kecepatan saat latihan kelompok, untuk memastikan semua bisa mengikuti," ungakp Ngee Ann di websitenya.

Selama ini, Singapura terkenal sebagai negara ketiga di dunia yang memiliki populasi paling cepat menua. Sementara posisi pertama masih ditempati Jepang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement