Kamis 15 Oct 2015 13:22 WIB

Warga Indonesia di Perth Galang Dana untuk Masyarakat Flores

Guru sekolah di Bajawa, Flores yang mendapat pelatihan dari Yayasan Happy Green World.
Foto: abc
Guru sekolah di Bajawa, Flores yang mendapat pelatihan dari Yayasan Happy Green World.

REPUBLIKA.CO.ID, PERTH -- Kelompok penari Selendang Sutra bekerja sama dengan LSM bernama Happy Green World, akan menggelar Green Indonesia Bazaar, Ahad (25/10) di Perth, Australia Barat.

Tujuannya, mengumpulkan dana untuk mencetak buku pelajaran lingkungan hidup yang akan dibagikan ke 320 sekolah di Flores.

Selendang Sutra yang dipimpin Astit Olszowy dalam keterangannya kepada ABC Australia Plus menjelaskan, kegiatan ini akan digelar di Sekolah Quintilian, Mt Claremont.

Rina Sizoo, penari Selendang Sutra dan Marlou Bessem, pendiri Happy Green World bekerja sama menyelenggarakan kegiatan ini dengan dibantu sukarelawan dari kedua organisasi itu.

Happy Green World adalah LSM asal Belanda yang mengembangkan materi pendidikan khusus untuk anak-anak SD agar tidak hanya lebih sadar limbah, tapi juga mengembangkan kebiasaan baik dalam menangani limbah.

Acara ini menyatukan visi misi kedua organisasi. Jika Selendang Sutra bermisi mempromosikan budaya Indonesia di Australia Barat, maka Happy Green World bermisi mendidik anak SD untuk lebih sadar limbah.

Green Indonesia Bazaar ingin mempromosikan budaya Indonesia, memperkenalkan program Indonesia Hijau Happy Green World, dan pengumpulan dana untuk mencetak buku-buku yang akan dibagikan ke 320 sekolah di Flores, Indonesia.

Panitia kegiatan ini menjelaskan program pendidikan Green Indonesia terdiri dari panduan kegiatan dan permainan. Program ini mengajarkan konsep mengurangi, menggunakan kembali dan mendaur ulang sampah melalui kesadaran, berpikir dan melakukan kegiatan.

Murid-murid akan diajarkan tentang asal-usul bahan seperti plastik, limbah hijau, kaca dan kertas dan waktu dekomposisi dan efek pada alam. Ini adalah program yang tepat untuk mengajar murid SD karena pada usia yang sangat muda itulah anak-anak belajar paling banyak.

Di Indonesia Happy Green World bekerja sama dengan LSM bernama Eco Flores. Mereka memberikan buku dan melatih beberapa guru agar dapat menerapkan program ini di sejumlah sekolah di Flores.

Keberhasilan program ini menarik perhatian sekolah lain untuk menerapkan program yang sama. Peningkatan permintaan inilah yang mendorong Happy Green World untuk mencari dana agar bisa tetap membagikan buku gratis dan bisa melatih guru lebih banyak lagi.

Selendang Sutra menyatakan mendukung misi Happy Green World ini.

"Kita perlu menjaga hasil kekayaan negara kita dan menjaga keindahan alam kita. Salah satu caranya adalah pengendalian limbah yang benar dan efektif," kata Rina Sizoo.

Green Indonesia Bazaar juga didukung Konsulat Jenderal Republik Indonesia dan Sekolah Quintilian, Mt Claremont.

Acara ini akan menampilkan pertunjukan tarian dari Selendang Sutra, penari dari murid sekolah Quitiilian dan penari lainnya. Selain itu juga ada musik dan penjual makanan Indonesia.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2015-10-15/warga-indonesia-di-perth-galang-dana-untuk-beli-buku-bagi-masyarakat-flores/1503804
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement