Jumat 16 Oct 2015 13:58 WIB

Ini Lima Anggota DK PBB yang Baru

Rep: RR Laeny Sulistyawati/ Red: Teguh Firmansyah
Sidang DK PBB
Foto: afp
Sidang DK PBB

REPUBLIKA.CO.ID,  NEW YORK -- Mesir, Jepang, Senegal, Ukraina, dan Uruguay terpilih menjadi anggota Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Kamis (15/10). Seperti dikutip laman Al Arabiya, Jumat (16/10), lima negara tersebut mengikuti pemilihan untuk menempati kursi sebagai anggota non-permanen, di sidang Majelis Umum PBB.

Mereka harus mengumpulkan dua pertiga suara anggota. Tepuk tangan dan sorak-sorai pecah di aula pertemuan setelah hasil pertama menunjukkan Senegal memenangkan voting terbesar dengan mendapatkan 187 suara.

Kemudian diikuti oleh Uruguay yang mengumpulkan 185 suara. Sementara Mesir memenangkan 179 suara, dan Ukraina 177 suara dari total 193 negara.

Para anggota yang baru terpilih akan mulai bertugas selama dua tahun mulai 1 Januari 2016. Mereka akan menggantikan Chad, Chile, Yordania, Lithuania dan Nigeria.  Para anggota baru ini akan bergabung dengan lima anggota dewan non-permanen lainnya seperti Angola, Malaysia, Selandia Baru, Spanyol, dan Venezuela. Pemilihan anggota Dewan Keamanan PBB dibayangi oleh ketegangan dan pertumpahan darah di Timur Tengah.

sumber : Al Arabiya
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement