Ahad 18 Oct 2015 07:55 WIB

Dua Tewas dalam Serangan Jamaah Syiah di Iran

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Winda Destiana Putri
Ilustrasi Syiah
Ilustrasi Syiah

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Sebanyak dua warga Iran tewas saat serangan jamaah Syiah yang memperingati Asyura, Jumat (16/10).

Kantor berita resmi Irna melaporkan, serangan penembakan jamaah Syiah di Provinsi Khuzestan di barat daya Iran yang mengakibatkan dua jiwa meninggal dunia.

"Dua orang juga terluka dalam serangan tersebut," kantor berita Irna melaporkan seperti dikutip, Sabtu (17/10).

Pada hari yang sama, sebanyak lima jiwa tewas dan sembilan orang luka-luka dalam serangan di sebuah aula pertemuan Syiah di Saihat, Provinsi timur Arab Saudi. Pembunuhan di Saihat terjadi dua hari setelah dimulainya peringatan Asyura yang merupakan acara suci bagi Syiah. Sebuah kelompok yang mengaku Negeri Islam Negara Bahrain mengklaim melakukan serangan itu.

"Seorang pria bersenjata melepaskan tembakan secara acak sebelum polisi turun tangan dan menembak penyerang hingga tewas," kata kementerian dalam negeri Arab Saudi, seperti dikutip dari laman BBC.

Sebuah kelompok yang menamakan dirinya Negeri Islam Negara Bahrain mengatakan, salah satu tentara telah menyerang Syiah yang dinilai kafir dengan senjata otomatis. Kelompok ini memperingatkan bahwa orang-orang kafir tidak akan aman di tempat Nabi Muhammad.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement