Rabu 21 Oct 2015 08:02 WIB

Setengah Juta Migran Tiba di Yunani

Rep: Gita Amanda/ Red: Muhammad Hafil
Imigran tenggelam
Foto: www.abc.net.au
Imigran tenggelam

REPUBLIKA.CO.ID, ATHENA -- PBB melaporkan, jumlah migran yang mencapai Yunani untuk menuju daratan Eropa mencapai 500 ribu jiwa. Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi mengatakan, ada 8.000 migran yang datang ke Yunani setiap harinya.

BBC News melaporkan, Selasa (20/10), kebanyakan pendatang kemudian bergerak ke utara Yunani. Ini menyebabkan kemacetan terbentuk di beberapa negara Balkan.

Slovenia telah mengerahkan tentara di perbatasan, setelah kewalahan akan angka masuk migran dari Kroasia. Jumlah migran yang mencapai Eropa tahun ini telah mencapai rekor.

Perdana Menteri Miro Cerar mengatakan, jumlah migran yang datang saat ini berada di luar kemampuan negaranya. "Ini salah mendorong ilusi bahwa itu mungkin bagi negara kecil berpopulasi dua juta orang untuk menghentikan, memecahkan dan memperbaiki situasi di mana banyak negara Eropa yang lebih besar telah gagal," katanya.

Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) mengatakan, lebih dari 650 ribu orang tiba tahun ini. Melonjak dari tahun lalu yang hanya 280 ribu orang. Setidaknya 3.135 telah tewas saat melakukan perjalanan mencapai Eropa, korban menurun dari tahun lalu yang berjumlah 3279 jiwa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement