Rabu 21 Oct 2015 13:20 WIB

Gempur ISIS, AS Terjunkan Jet Penghancur Tank

Rep: c25/ Red: Teguh Firmansyah
F16
F16

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Amerika Serikat menggantikan enam armada F-16 yang diposisikan di pangkalan udara Incirlik, Turki, dengan belasan A-10 Warthog. A-10 Warthog populer sebagai pesawat penghancur tank.

"Pada 20 Oktober, penerbang dan 12 A-10 Thunderbolt IIs dari skuadron tempur 75 di Moody AFB, Georgia, tiba di Pangkalan Udara Incirlik, Turki. Mereka akan mendukung Operasi Resolve Inherent," kata seorang pejabat militer AS, seperti dilansir Anadolu Agency.

Pejabat itu mengatakan pesawat bom A-10 akan menggantikan enam pesawat F-16 yang tiba pada Agustus lalu, sebagai dukungan di Pangkalan Aviano Air di Italia "A-10 akan diposisikan di sebuah lokasi rahasia di daerah operasi CENTCOM," ujar pejabat itu.

Turki membuka Pangkalan Udara Incirlik pada Agustus untuk mendukung serangan terhadap ISIS di wilayah Suriah. Keputusan itu diambil setelah Turki dan AS menyelesaikan kesepakatan dalam memerangi kelompok militan ISIS.

"Turki adalah sekutu NATO, teman dekat Amerika Serikat dan mitra penting dalam Koalisi internasional terhadap ISIS. Penggunaan basis Turki untuk AS telah menjadi kekuatan pengganda yang sangat penting," tegas pejabat tersebut.

A-10 Thunderbolt II populer karena kecepatannya di ketinggian, serta sebagai senjata yang sangat akurat menghantam sasaran dari udara. Pesawat itu juga dapat terbang dalam jangka waktu yang lama, dan dapat beroperasi di langit-langit serta posisi rendah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement