Rabu 21 Oct 2015 15:03 WIB

Obama Sampaikan Ucapan Selamat kepada PM Baru Kanada

Pemimpin Partai Liberal Kanada, Justin Trudeau
Foto: AP Photo
Pemimpin Partai Liberal Kanada, Justin Trudeau

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Barack Obama pada Selasa (20/10) menyampaikan ucapan selamat melalui telepon kepada Perdana Menteri terpilih Kanada Justin Trudeau atas kemenangannya.

Kedua pemimpin berjanji mempererat kerja sama bidang perdagangan dan perubahan iklim.

"Obama dan pemimpin Liberal muda tersebut setuju mengenai pentingnya mempererat hubungan Amerika Serikat dengan Kanada yang sudah kuat tersebut. Mereka berkomitmen bekerja sama demi mencapai tujuan yang ambisius dan dalam jangka panjang yang telah disepakati dalam perjanjian iklim global di Paris pada Desember," ujar pejabat Gedung Putih.

Gedung Putih sempat merasa frustrasi karena keraguan mengenai masalah iklim oleh Perdana Menteri sebelumnya, Stephen Harper yang juga melobi tentang pipa antarbatas Keystone.

"Presiden berharap kepada Perdana Menteri terpilih dan menantikan untuk bertemu dengannya di kesempatan lain."

Sebelumnya, juru bicara Gedung Putih John Earnest mengatakan Kanada telah membuat sebuah komitmen yang substansial dan penting untuk melanjutkan diskusi mengenai iklim di Paris.

Earnest mengatakan Gedung Putih benar-benar menghargai usaha Harper untuk membangun hubungan yang kuat antara Amerika Serikat dengan Kanada.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement