Kamis 22 Oct 2015 07:10 WIB

Kura-Kura Baru Ditemukan di Tempat Penelitian Charles Darwin

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ilham
Kura-kura Galapagos yang terkenal. Ukurannya lebih besar dari kura-kura pada umumnya.
Foto: .
Kura-kura Galapagos yang terkenal. Ukurannya lebih besar dari kura-kura pada umumnya.

REPUBLIKA.CO.ID, QUITO -- Spesies kura-kura baru ditemukan di Kepulauan Galapagos. Para ilmuwan mengatakan spesies kura-kura raksasa yang baru ditemukan berbeda dengan kura-kura lainnya berdasarkan pengujian genetik.

Taman nasional Galapagos di Ekuador itu mengatakan dalam sebuah pernyataan hari Selasa (21/10), bahwa kura-kura baru adalah spesies kura-kura ke-15 yang dikenal dan ditemukan di khatulistiwa. Empat diantaranya sudah punah.

Ahli biologi dari Yale University Gisella Caccione yang memimpin penelitian, mengidentifikasi spesies baru tersebut di pulau Santa Catalina. Penemuan ini akan membantu melindungi dan mengembalikan kura-kura yang jumlahnya diperkirakan hanya tinggal 250 ekor.

Jumlah itu sebanding dengan lebih dari 2.000 spesies kura-kura lain yang hidup di pulau Chelonidis Porteri. Spesies baru dibaptis dengan nama Chelonoidis donfaustoi, berdasarkan taman penjaganya Fausto Llerena.

Galapagos telah menjadi pulau yang menginspirasi Charles Darwin ketika tak sengaja berkunjung ke sana. Flora dan fauna di sana terkenal unik dan berbeda dari hewan-hewan lain.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement