Sabtu 24 Oct 2015 07:55 WIB

Ketika Kontainer Disulap Jadi Apartemen

Rep: Puti Almas/ Red: Ani Nursalikah
Heather Stewart, pendiri Containercopia dimana kontainer yang berukuran 160 kaki, telah disulap menjadi layaknya sebuah apartemen.
Foto: new york times
Heather Stewart, pendiri Containercopia dimana kontainer yang berukuran 160 kaki, telah disulap menjadi layaknya sebuah apartemen.

REPUBLIKA.CO.ID, OAKLAND -- Ada pilihan tempat tinggal unik di Amerika Serikat (AS). Bagi Anda yang merasa kesulitan tinggal di apartemen dan rumah karena harga sewa yang terlalu mahal, mungkin tinggal di dalam sebuah kontainer bisa jadi pilihan.

Di sebuah desa di Oakland, terdapat tempat yang dikenal dengan nama Containercopia. Di sini, kontainer yang berukuran 160 kaki, telah disulap menjadi layaknya sebuah apartemen. Ada jendela, kamar mandi pribadi, hingga listrik dalam setiap wadah besi raksasa tersebut.

Kontainer ini disewakan dengan harga hanya 600 dolar AS per bulan. Harga ini jauh lebih hemat dibandingkan dengan harus menyewa apartemen di kota yang tak hanya mahal, namun juga ukurannya lebih sempit.

Ide membuat Containercopia datang dari seorang pria bernama Luke Iseman dan mantan kekasihnya, Heather Stewart. Awalnya, karena tidak mampu membayar sewa rumah, keduanya memutuskan membeli kontainer di pelabuhan Oakland.

Sekejap mereka mengubah kontainer itu dengan desain apartemen dan melengkapinya dengan furnitur seperti tempat tidur. Bahkan, keduanya merasa ukuran kotak besi itu ternyata sangat sesuai untuk tempat tinggal seseorang. Selain ukuran yang pas, struktur kontainer yang kuat tak kalah dari rumah pada umumnya.

"Aku menyadari kontainer sangat layak dijadikan tempat tinggal untuk satu orang. Struktur wadah ini juga begitu kuat dan kedap air jadi tahan di segala musim," ujar Luke, dilansir Oddity Central, Jumat (23/10).

Sejak itu, ia dan mantan pasangannya itu memulai bisnis rental kontainer. Ia membeli lebih banyak wadah besi tersebut dan merubahnya menjadi sebuah apartemen atau rumah kecil yang bisa disewakan. Hingga kini, usaha itu terus berjalan dan terbukti, cukup banyak orang yang berminat tinggal di Containercopia karena biaya hemat yang ditawarkan di sini.

"Ini adalah solusi terbaik untuk banyak orang yang kesulitan mencari tempat tinggal dengan biaya mahal. Aku yakin tempat tinggal semacam ini bisa semakin berkembang di wilayah lainnya," ujar Luke.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement