Sabtu 24 Oct 2015 22:19 WIB

Aktivis Perdamaian Diserang Warga Israel

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Nur Aini
Tentara Israel.
Foto: EPA/Frank Franklin
Tentara Israel.

REPUBLIKA.CO.ID, TEPI BARAT -- Sebuah video yang merekam serangan warga Israel terhadap seorang aktivis perdamaian beredar. Dalam video tersebut, penyerang bertopeng mengalahkan Arik Ascherman sambil mengacungkan pisau di Tepi Barat.

Seperti diberitakan Al Jazirah edisi Jumat (23/10), serangan terjadi di desa Palestina, Awarta, Tepi Barat.

Arik Ascherman masuk dalam organisasi Hak Asasi Manusia. Ia termasuk bagian dari kelompok aktivis Israel dan Internasional yang menghadiri panen zaitun di sebuah peternakan Palestina, Jumat (23/10) ketika diserang.

Media Israel +972 Magazine melaporkan bahwa Ascherman dan aktivis lainnya melihat warga Israel mencuri zaitun dan membakar tanaman di lereng bukit. Saat itu Ascherman pergi untuk memadamkan api, namun ia diserang oleh seorang pria bertopeng dengan mengayunkan pisau.

Dalam video berdurasi satu menit tersebut, pria bertopeng berteriak pada Ascherman dan kemudian melemparkan pukulan ke arahnya. Ia menekuk lutut Ascherman dengan pisau tapi tidak menikamnya. Pria tersebut kemudian berlari ke atas bukit.

Militer dan polisi Israel yang menempati Tepi Barat mengaku tidak mengetahui adanya serangan tersebut. Pada akun Twitter-nya, organisasi tersebut mengatakan serangan tersebut tidak beralasan. Serangan bahkan terjadi di tanah yang dikelola Palestina bukan di Itamar dekat sebuah pemukiman ilegal Israel.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement