Senin 26 Oct 2015 08:42 WIB

Burqa Dijual Jadi Kostum Haloween, Ebay Dikecam

Rep: c25/ Red: Teguh Firmansyah
Di New York, seorang pria mengenakan kostum khusus anti penyakit ebola sebagai bagian dari parade Halloween.
Foto: Reuters
Di New York, seorang pria mengenakan kostum khusus anti penyakit ebola sebagai bagian dari parade Halloween.

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Meski memicu kritik setiap tahun, situs lelang Ebay masih menyinggung umat Islam karena menawarkan jilbab cadar (burqa) sebagai kostum Halloween. Kelompok anti-Islamofobia meminta daftar penjualan itu untuk dihapus.

"Kami meminta Ebay menghapus apa yang mereka sebut sebagai kostum dan memahami dampak yang telah terjadi, termasuk persepsi dalam masyarakat yang lebih luas dan keselamatan wanita Muslim," kata Fiyaz Mughal, Direktur Tell MAMA, seperti dilansir On Islam.

Keributan dimulai ketika sebuah iklan di Ebay yang menawarkan burqa. Pakaian ini digambarkan sangat pas sebagai kostum sempurna untuk pesta. Penjual dengan akun Dragons Den Fancy Dress, menamakannya sebagai Halloween Fancy Dress Idea Syariah Burka.

Ditawarkan dalam berbagai warna dan ukuran, burqa dijual dengan harga berkisar  22,55 poundsterling dan 29,95 poundsterling.

Tersedia juga rok mini yang dipadukan dengan kerudung, yang mereka sebut sebagai Middle Eastern Arab Girl Burka Halloween Fancy Dress Costume.

Menanggapi kritik, seorang juru bicara Ebay mengaku mereka tidak bermaksud untuk memicu sentimen anti-Muslim.

"Kami tidak mengizinkan setiap item yang mempromosikan intoleransi terhadap agama. Kami selalu menyambut respon balik dari anggota kami dan mempertimbangkan hal ini ketika meninjau barang pada pasar kami," kata dia.

Halloween adalah perayaan tahunan orang Barat yang biasa diselenggarakan pada malam 31 Oktober, dan dimulai oleh kelompok celtic.

Celtic adalah kelompok yang menduduki daerah yang dikenal sekarang sebagai Irlandia, Inggris dan Prancis Utara, sekitar 2.000 tahun yang lalu. Orang-orang Barat meyakini malam Halloween memiliki kekuatan gaib yang berkumpul, dan menghubungkan dunia supranatural.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement