Selasa 27 Oct 2015 09:22 WIB

Gempa Afghanistan-Pakistan, AS Siap Bantu

Rep: Gita Amanda/ Red: Ani Nursalikah
Dokter Pakistan merawat korban gempa di Peshawar, pakistan, Senin, 26 Oktober 2015.
Foto: AP Photo/Mohammad Sajjad
Dokter Pakistan merawat korban gempa di Peshawar, pakistan, Senin, 26 Oktober 2015.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Gedung Putih mengatakan, pada Senin (26/10), Amerika Serikat siap memberikan dukungan ke Afghanistan dan Pakistan setelah gempa ikut melanda timur laut Afghanistan.

"Pemerintah AS telah menghubungi pemerintah di Afghanistan dan Pakistan dan kami siap memberikan dukungan tambahan yang mungkin diperlukan," kata Sekretaris Pers Gedung Putih Josh Earnest seperti dilansir Xinhua, Selasa (27/10).

Sebelumnya pada Senin, gempa berkekuatan 7,5 Skala Richter melanda timur laut Afghanistan. Bencana yang juga dirasakan di Pakistan, India dan Tajikistan menewaskan ratusan orang dan merusak banyak bangunan.

Earnest mencatat ada kehadiran 'substansial' US Agency for International Development (USAID) di kedua negara itu. Menurutnya sejumlah tempat penampungan darurat dan pasokan bantuan di gudang Afghanistan bisa digunakan untuk membantu korban.

"Kami menyampaikan belasungkawa mendalam kepada semua pihak yang terkena dampak gempa di Afghanistan, termasuk keluarga korban tewas di Afghanistan dan Pakistan," ujar Earnest.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement