Selasa 27 Oct 2015 19:13 WIB

Penyelamatan Korban Gempa Afghanistan-Pakistan Diperluas

Korban gempa Afghanistan
Foto: Reuters
Korban gempa Afghanistan

REPUBLIKA.CO.ID, KABUL -- Upaya penyelamatan untuk membantu korban yang terkena dampak gempa bumi berkekuatan 7,5 skala richter (SR) yang melanda Afghanistan dan Pakistan, Senin (26/10) diperluas. Gempa ini membuat lebih dari 300 jiwa meninggal dunia dan setidaknya 2.000 orang terluka.

Korban tewas termasuk 12 anak sekolah Afghanistan karena berdesak-desakan ketika mereka mencoba untuk meninggalkan kelas mereka.

"Mereka jatuh terinjak kaki siswa lain," kata seorang pejabat bencana di provinsi Takhar kepada Reuters.

Tim penyelamat telah dikirim ke daerah pegunungan terpencil di mana efek dari gempa masih belum jelas. Laporan-laporan mengatakan banyak orang di seluruh wilayah, takut terjadi gempa baru. Mereka  menghabiskan malam tidur di luar dengan suhu mendekati titik beku.

Presiden Afghanistan Ashraf Ghani dalam pidato yang disiarkan televisi, mendesak mereka yang tinggal di daerah yang terkena dampak gempa bumi untuk membantu upaya penyelamatan.

Kepala eksekutif Afghanistan Abdullah Abdullah mengatakan, sekitar 76 orang tewas dan 268 luka-luka. Ia memperingatkan angka-angka korban diperkirakan akan meningkat.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement