Kamis 29 Oct 2015 17:32 WIB

Laut Cina Selatan Tegang, Xi akan Kunjungi Vietnam

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ani Nursalikah
Presiden Cina Xi Jinping
Foto: AP
Presiden Cina Xi Jinping

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Presiden Cina Xi Jinping akan mengunjungi Vietnam pekan depan menyusul ketegangan di Laut Cina Selatan yang telah membebani hubungan bertetangga. Pada Kamis (29/10), Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Lu Kang mengatakan dalam pertemuan reguler Xi akan mengunjungi Vietnam pada 5-6 November.

Lu menambahkan, Xi juga akan mengunjungi Singapura pada 6-7 November. Kunjungan Xi ke Vietnam dinilai berani karena sebelumnya, keduanya terlibat perselisihan di Laut Cina Selatan.

Cina menempatkan kilang pengeboran minyak tahun lalu di tempat yang diklaim Vietnam sebagai zona ekonomi eksklusifnya. Letaknya 120 mil perairan dari pantai Vietnam. Masalah ini memperparah hubungan kedua negara sejak perang perbatasan pada 1979.

Kunjungan Cina juga dinilai semakin mempertegas klaim kedaulatan di perairan. Meskipun Cina mengatakan tidak memiliki niat bermusuhan.

Pengumuman kunjungan Xi ke Vietnam menyusul ketegangan karena Amerika Serikat mengirim kapal perangnya ke wilayah 12 mil laut dari salah satu pulau buatan Cina.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement