Senin 02 Nov 2015 06:05 WIB

Ternyata, Kucing Punya Kepribadian Sama dengan Singa Afrika

Kucing
Kucing

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Kucing rumah dan singa Afrika ternyata berbagi 3 tiga karakteristik kepribadian utama, yaitu neurotisisme/cemas, dominasi dan impulsif.

Namun para peneliti mengatakan teman hidup berkaki empat ini tidak akan mungkin memangsa Anda.

Peneliti di Universitas Edinburgh  berkolaborasi dengan Kebun Binatang Bronx berusaha membandingkan perilaku kucing rumahan dengan spesies sejenis yang lebih besar dan kerabatnya di alam liar.

Kajian yang di diterbitkan di Jurnal Perbandingan Psikologi Agustus tahun lalu ini, membandingkan struktur kepribadian kucing peliharaan dengan kucing liar di Scotlandia, leopard abu-abu dan Singa Afrika.

 

Riset ini  mendapati kalau ternyata masing-masing spesies ini memiliki tiga faktor kepribadian utama, yang oleh peneliti disebut struktur kepribadian kelima spesies tersebut  sama persis, yaitu sifat neurotisisme atau rasa tidak aman/tenang, mendominasi dan impulsif.

 

Dan pada kucing dan singa Afrika, menurut penelitian ini berbagi karakteristik kepribadian yang sama.

 

Meskipun kucing rumah bisa dikatakan sebagai miniaturnya singa, namun salah seorang peneliti, Marieke Gartner berhasil memastikan seberapa jauh kesamaan ini berlaku, termasuk peluang kepribadian singa memangsa manusia menurun pada kucing.

Menurut Gartner kepada CNET, perilaku  semacam itu terpaut sangat jauh alias sangat kecil kemungkinannya berlaku juga pada kucing peliharaan.

"Kucing tidak akan memangsa Anda. Tapi orang sering kali tidak tahu bagaimana memperlakukan mereka dan kemudian terkejut dengan perilaku mereka," katanya.

 

Meski hewan berbulu ini sebagai satu spesies yang sama berbagi sejumlah kesamaan,  namun menurut Gartner kucing rumah akhirnya tinggal bersama dengan manusia karena situasi yang saling menguntungkan.

 

Ia juga mengatakan semua kucing rumah berbeda.

 

"Kucing memiliki kepribadian berbeda. Sebagian kucing ada yang independen, sebagian ada yang manja jadi tergantung pada masing-masing individu kucing tersebut. Jadi kucing itu bukannya mementingkan diri sendiri, tapi mereka pada dasarnya adalah spesies binatang yang hidup menyendiri atau solitaire dan semi-solitaire," katanya.

 

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2015-11-01/kucing-punya-kepribadian-sama-dengan-singa-afrika/1509970
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement