Selasa 03 Nov 2015 04:16 WIB

Tokoh Islam AS Puji Sikap Bakal Kandidat Presiden AS Lawan Islamofobia

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Hazliansyah
Bernie Sanders
Foto: EPA/SHAWN THEW
Bernie Sanders

REPUBLIKA.CO.ID, RICHMOND -- Tokoh Islam di Amerika Serikat mengapresiasi sikap salah satu bakal kandidat Presiden AS dari Partai Demokrat Bernie Sanders dalam isu islamofobia.

"Dia memberi respons yang baik. Banyak poin untuk Bernie Sanders," ujar Manajer Urusan Pemerintah Dewan Hubungan Islam-Amerika Robert McCaw seperti dikutip The Guardian, Senin (2/11).

Sikap Sanders terkait islamofobia tampak ketika ia berbicara di Universitas George Mason di Virginia, AS pekan lalu. Ketika itu, seorang mahasiswi muslim menanyakan sikapnya terkait islamofobia dan aksi kandidat Partai Republik yang kerap menghina muslim di media.

Sanders kemudian mengajak mahasiswi tersebut naik ke atas panggung dan menjawab, "Tugas kita adalah membangun negara yang membuat kita berdiri bersama sebagai satu orang."

McCaw menilai langkah Sanders tepat dengan mengajak seorang perempuan muslim ke atas panggung dan meladeni pertanyaan terkait isu islamofobia. Meski begitu, McCaw berharap Sanders bisa menunjukkan sikap yang lebih terlihat kepada publik.

"Akan lebih baik jika kandidat-kandidat menemui muslim, bertemu di masjid atau Islamic Center, dan duduk bersama dengan pemimpin muslim serta mendengarkan pendapat mereka," ujarnya.

Sekretaris Klub Demokrasi Muslim New York Mohammad Khan menilai sikap Sanders patut diapresiasi. Ia menganggap Sanders telah memberikan pandangan yang tepat guna melawan rasisme dan kefanatikan.

"Kami menyambut pernyataan Bernie (Sanders). Kami apresiasi solidaritas ini," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement