Rabu 04 Nov 2015 16:19 WIB

Selandia Baru Permudah Aplikasi Visa bagi WNI

Rep: Rr Laeny Sulistyawati / Red: Nur Aini
Salah satu sudut menawan di Selandia Baru.
Foto: AP
Salah satu sudut menawan di Selandia Baru.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masyarakat Indonesia yang akan mengunjungi Selandia Baru untuk keperluan bisnis kini bisa menikmati proses pengurusan visa dan persyaratan dokumen yang lebih cepat dan lebih sederhana.

Kesepakatan baru ini diresmikan melalui penandatanganan Nota Kesepemahaman (MOU) di Jakarta antara Imigrasi Selandia Baru (INZ), Pariwisata Selandia Baru (TNZ) dan empat agen perjalanan yang ditunjuk, Selasa (3/11). Dengan kesepakatan baru ini, wisatawan Indonesia yang memperoleh insentif dari perusahaan atau instansinya berupa tiket pesawat murah dan wisatawan untuk keperluan bisnis lainnya akan mendapatkan kemudahan dari proses pengurusan visa yang lebih sederhana dan lebih cepat. Proses pengurusan visa hanya membutuhkan waktu tiga hari kerja dan pengurangan persyaratan dokumen yang harus dipenuhi.

Kepala Imigrasi Selandia Baru Nigel Bickle mengatakan, perubahan pengurusan visa ini merupakan kabar gembira bagi Selandia Baru. Dia menambahkan, Selandia Baru merupakan destinasi yang fantastis bagi wisatawan untuk keperluan bisnis dengan banyaknya fasilitas konferensi yang tengah dikembangkan di Auckland, Christchurch, dan Queenstown.

‘’Ini menunjukkan bahwa pemerintah Selandia Baru memiliki komitmen yang tinggi terhadap masyarakat Indonesia yang akan berkunjung ke Selandia Baru,” katanya seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Rabu (4/11).  

Regional Manager Tourism New Zealand South and South East Asia, Steven Dixon mengatakan, Indonesia merupakan salah satu pasar utama pihaknya untuk pariwisata dan ajang bisnis.  Dia menyebutkan, lebih dari 17 ribu wisatawan Indonesia berkunjung ke Selandia Baru tahun lalu atau naik 17 persen dibandingkan tahun sebelumnya. 

“Dengan jumlah wisatawan yang terus bertambah, kami yakin bahwa menarik lebih banyak wisatawan berkualitas dari Indonesia akan berdampak positif terhadap perekonomian Selandia Baru,” ujarnya. 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement