Kamis 05 Nov 2015 11:22 WIB

Kanada Lantik Perdana Menteri Baru

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Pemimpin Partai Liberal Kanada, Justin Trudeau
Foto: AP Photo
Pemimpin Partai Liberal Kanada, Justin Trudeau

REPUBLIKA.CO.ID, TORONTO --Justin Trudeau resmi dilantik sebagai Perdana Menteri baru liberal Kanada, Rabu (4/11). Menteri kabinet barunya juga bersumpah untuk menghormati kampanye untuk menyelesaikan 25 ribu pengungsi Suriah pada akhir tahun ini.

Trudeau, putra mendiang ikon PM Liberal Pierre Trudeau juga berjanji mengurangi gaya otoriter setelah hampir 10 tahun kekuasaan Konservatif di bawah Stephen Harper.

"Pemerintah oleh Kabinet kembali," ujarnya. Ia bersumpah akan memiliki pemerintahan yang terbuka dan transparan.

Kabinet mengadakan pertemuan pertama pada Rabu (4/11) dan kemudian bertemu media untuk menggambarkan kepergian era Harper. Pertemuan Kabinet Harper diadakan secara rahasia dan menteri tidak pernah bericara usai pertemuan.

Menteri Imigrasi John McCallum mengatakan, tujuan  tegas pemerintah baru adalah untuk menyelesaikan 25 ribu pengungsi Suriah di Kanada sebelum akhir tahun ini.

"Saya akan bekerja sangat keras untuk mencapai tujuan tersebut," katanya.

Harper telah menolak untuk memukimkan kembali pengungsi Suriah, meski foto Aylan Kurdi, bocah tiga tahun yang terdampar di Pantai Turki cukup menggemparkan dunia. Gambar ini memusatkan perhatian global terhadap krisis migran yang berasal dari perang sipil. Anak tersebut memiliki kerabat di Kanada.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement