Kamis 05 Nov 2015 13:18 WIB

Putin Orang Paling Berpengaruh di Dunia Kalahkan Obama

Presiden Rusia Vladimir Putin
Foto: Youtube
Presiden Rusia Vladimir Putin

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Untuk tiga tahun berturut Presiden Rusia Vladimir Putin menjadi orang paling berpengaruh di dunia versi majalah Forbes.  Putin menyingkirkan nama Kanselir Jerman Angela Merkel yang berada pada posisi kedua dan Presiden AS Barack Obama di peringkat ketiga.

"Putin terus membuktikan ia menjadi salah satu di antara sedikit orang di dunia yang memiliki kekuatan untuk melakukan apa yang ia inginkan," tulis majalah tersebut.

Popularitas Putin tidak turun kendati sanksi Barat yang dijatuhkan kepada Rusia.  Sebaliknya, tingkat rating ia justru melesak hingga hampir 90 persen.

Salah satu bukti berpengaruh Putin yakni keterlibatan Rusia dalam pertempuran di Suriah. Operasi udara Rusia membela Presiden Bashar al-Assad membuat AS dan NATO tampak lemah di kawasan. Presiden Putin telah mendorong pengaruh Rusia di luar.

Adapun peringkat pengaruh Angela Merkel meningkat dari sebelumnya poisisi lima ke peringkat dua pada 2015. Pengaruh Merkel tampak dalam penanganan krisis migran dan krisis keuangan Yunani.  Sementara Barack Obama tidak beruntung tahun ini. Ia dianggap telah kehilangan pengaruhnya di bawah Putin dan Merkel.

Forbes menyeleksi ratusan kandidat dari berbagai wilayah dan profesi sebagai calon kandidat berpengaruh. Forbes menentukan empat kriteria, salah satunya apakah orang itu memiliki pengaruh atas banyak orang.

sumber : RT
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement