Kamis 05 Nov 2015 14:43 WIB

Meksiko Izinkan Penggunaan Ganja untuk Pribadi

Rep: Gita Amanda/ Red: Teguh Firmansyah
Ganja seberat 45 kg yang disita oleh polisi.
Foto: NSW Police
Ganja seberat 45 kg yang disita oleh polisi.

REPUBLIKA.CO.ID, MEXICO CITY -- Pengadilan Meksiko memberikan izin untuk menanam dan merokok ganja untuk konsumsi pribadi. Izin ini otomatis membuka jalan bagi legalisasi ganja di Meksiko.

Seperti dilansir Aljazirah, Kamis (5/11), voting hakim di Mahkamah Agung Meksiko memperoleh suara empat banding satu untuk mendukung pengeluaran izin tersebut.

Hakim Arturo Zaldivar yang mendukung upaya kelompok Society for Responsible and Tolerant Personal Use atau dalam bahasa Spanyol disingkat SMART, mengatakan pada Rabu (4/11) bahwa larangan ganja merupakan sesuatu yang "ekstrem" dan "tidak proporsional". "Kami menang!" kata pengacara Torres Landa yang juga anggota SMART.

SMART mengatakan, legalisasi ganja dapat memangkas pendapatan kartel narkoba. Hal ini juga dapat membantu mengekang kekerasan akibat jaringan tersebut "Ini bukan untuk kami berempat," kata Landa.

Di luar pengadilan, kelompok pro dan kontra melakukan aksi protes saingan.  "Meksiko memiliki banyak masalah untuk diselesaikan. Tak siap untuk ini," kata Preside National Union of Parents Consuelo Mendoza.n Gita Amanda

sumber : Aljazirah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement