Kamis 12 Nov 2015 15:00 WIB

Australia Selatan Miliki Angka Pengangguran Tertinggi

Holden akan menghentikan produksi di Elizabeth, Australia Selatan di 2017.
Foto: AAP/Eric Sands
Holden akan menghentikan produksi di Elizabeth, Australia Selatan di 2017.

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Data terbaru dari Biro Statistik Australia (ABS) menunjukkan Australia Selatan tetap menjadi negara bagian di Australia yang memiliki tingkat pengangguran tertinggi, meskipun ada sedikit peningkatan dibandingkan bulan sebelumnya.

Menurut ABS, angka pengangguran di Australia Selatan di Oktober adalah 7,5 persen, sedikit membaik dari 7,7 persen di September. Angka ini jauh lebih buruk dari angka rerata nasional yaitu 5,9 persen.

Menurut ABS, selama Oktober ada 58.600 lapangan pekerjaan baru yang tercipta sehingga angka pengangguran turun dari 6,4 persen di bulan sebelumnya.

Menteri Tenaga Kerja Australia Selatan Gail Gago mengatakan membaiknya angka pengangguran di Australia Selatan adalah hal yang positif.

"Kami senang melihat angka pengganguran di sini turun di bulan kedua berturut-turut." katanya.

"Data hari ini menunjukkan ada 2 ribu orang baru yang bekerja dibandingkan di awal tahun, dan angka partisipasi kerja juga meningkat." katanya lagi.

Namun Gail Gago mengatakan masih banyak yang harus dilakukan untuk mengurangi angka pengangguran tersebut untuk menyamai negara bagian lain.

Dia mengatakan tingginya angka pengangguran ini disebabkan karena Australia mengalami dua hal buruk sekaligus, yaitu jatuhnya industri otomotif di sana, dan jatuhnya harga komoditi dunia.

(Baca juga: Seorang Ibu Melahirkan Dipandu Telepon Petugas Ambulans)

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2015-11-12/australia-selatan-memiliki-angka-pengangguran-tertinggi/1513536
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement