Jumat 13 Nov 2015 16:01 WIB

Siapa Emwazi Sang Jagal ISIS?

Jihadi John
Foto: The Mirror Online
Jihadi John

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Mohammed Emwazi lahir di Kuwait pada 1988. Dia datang ke Inggris pada 1994 saat usianya enam tahun.

Dia bersekolah di Quintin Kynaston Community Academy di St John's Wood, utara London. Kepala sekolahnya dulu, Jo Shuter, mengatakan kepada BBC dia tidak pernah menyangka muridnya yang pekerja keras itu akan menjadi pria seperti yang saat ini dikenal dunia, sang jagal ISIS.

Sebelum diketahui identitasnya, media Barat menjulukinya Jihadi John.

Emwazi berusia 14 tahun saat Shuter menjabat. Menurutnya, dia adalah seorang anak yang pendiam dan memiliki tanggung jawab di luar sekolah karena dia anak tertua di keluarganya.

"Dia memiliki masalah remaja menjelang dewasa. Terutama, saat usia itu, kelas sembilan, saat itu hormon mulai bergejolak. Dia di-bully. Dia merupakan pemuda penuh inspirasi yang ingin melanjutkan sekolah ke universitas. Dia bukan perhatian utama kami," kata Shuter.

Dia lulus dari jurusan komputer dari University of Westminster pada 2009. Alamat terakhirnya di Inggris sebelum pergi ke luar negeri adalah Queen's Park, London.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement