Selasa 17 Nov 2015 21:51 WIB

Obama Tawarkan Bantuan Militer Bagi Sekutu Asia Tenggaranya

Barack Obama
Foto: EPA/Tolga Bozoglu
Barack Obama

REPUBLIKA.CO.ID, MANILA -- Presiden AS, Barack Obama, Selasa (17/11), menawarkan bantuan kapal perang kepada Filipina sebagai bagian dari bantuan senilai 250 juta dolar bagi sekutunya di Asia Tenggara, yang mengkhawatirkan upaya Cina menguasai Laut Cina Selatan.

Obama mengungkapkan janji itu di kapal AL Filipina, tak lama setelah tiba di Manila untuk menghadiri pertemuan puncak pemimpin Asia-Pasifik, yang juga akan dihadiri Presiden Cina, Xi Jinping.

''Kunjungan saya di sini menekankan tekad kami bagi keamanan perairan di kawasan ini dan bagi kebebasan pelayaran," kata Obama saat mengumumkan bantuan itu.

Tawaran tersebut untuk memastikan bahwa sekutu AS bertekad menjaga keamanan di perairan kawasan tersebut, menyusul pembangunan pulau buatan oleh Cina di sebagian wilayah Laut Cina Selatan, yang diklaim berbagai negara.

Cina mengklaim hampir seluruh wilayah perairan itu, yang merupakan jalur strategis dan menampung beberapa rute pelayaran paling penting dunia.

Filipina, Vietnam, Malaysia, Brunei dan Taiwan juga mengklaim sebagian wilayah perairan itu, yang diduga mengandung sumber daya minyak dan gas melimpah.

Pembangunan pulau-pulau buatan oleh Cina baru-baru ini di dekat Filipina telah memicu AS untuk mengerahkan sebuah perusak rudal dan pengebom B-52 ke kawasan tersebut.

Cina dipastikan akan berang dengan pernyataan Obama tersebut, karena mereka berkeras bahwa AS tidak mempunyai hak untuk melibatkan diri dalam sengketa perairan yang jauh dari pantai AS. Cina juga berulangkali meminta KTT Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) yang dimulai pada Rabu untuk fokus pada perdagangan dan tidak terganggu oleh sengketa itu.

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement