Kamis 19 Nov 2015 06:13 WIB

Emoji Jadi Kata Paling Populer 2015 Versi Kamus Oxford

Emoji
Foto: abc
Emoji

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Kamus Oxford menobatkan kata 'Emoji' sebagai kata paling populer pada 2015 di Inggris dan Amerika Serikat. Padahal emoji bukan sebuah kata.

Kata 'Emoji' berhasil menyabet gelar kata paling populer 2015 karena dianggap merupakan kata yang terbaik dalam mencerminkan etos dan suasana hati.

Dan emoji yang paling sering digunakan sepanjang 2015 adalah "air mata suka cita atau (tears of joy)" atau "tertawa terbahak-bahak hingga mengeluarkan air mata (crying laughing)".

Mark Gwinn, salah satu editor yang mengumpulkan daftar kata-kata yang masuk dalam nominasi kata paling populer pada 2015 di Australia mengatakan kata itu dipilih mengalahkan emoji lain seperti mencat kuku, perempuan menari dan tangan berdoa karena emoji tersebut paling populer.

"Menurut database Oxford, emoji itu mewakili sekitar 20 persen dari semua penggunaan emoji di AS dan Inggris, terutama Inggris," katanya.

Meski ada sebagian kalangan yang menolak keras keputusan emoji sebagai kata paling populer 2015, Gwinn mengatakan keputusan ini menunjukkan bagaimana komunikasi saat ini telah berubah.

 

"Ini kesempatan untuk menunjukkan komunikasi bukan hanya tentang kata-kata.

 

"Di Australia kita pernah mengetahui Menteri Julie Bishop menggunakan emoji dalam sebuah wawancara, demikian juga Hillary Clinton dia juga menggunakan emoji, jadi saya kira cara yang sama juga dilakukan oleh Oxford yang turut menggunakan emoji, dan emoji khusus itu menekankan perkembangan dan evolusi bahasa," katanya.

Namun demikian, terlepas dari sangat populernya penggunaan emoji, Gwinn memperingatkan agar masyarakat tidak mencari emoji itu dalam buku kamus Oxford dalam waktu dekat.

"Saya tidak yakin Oxford saat ini berencana memasukkan emoji dengan menyertakan definisinya dalam kamus mereka," katanya.

 

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2015-11-17/emoji-dinobatkan-sebagai-kata-paling-populer-tahun-2015-versi-kamus-oxford/1515570
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement