Ahad 22 Nov 2015 07:22 WIB

Duh! Setengah Jumlah Pohon di Amazon Berisiko Punah

Rep: C34/ Red: Winda Destiana Putri
Hutan Hujan Amazon Amerika
Foto: Wikipedia
Hutan Hujan Amazon Amerika

REPUBLIKA.CO.ID, BRASIL -- Studi terbaru menunjukkan bahwa sekitar setengah dari 15.000 spesies pohon di hutan hujan Amazon berada di ambang kepunahan.

Kajian tersebut telah diterbitkan dalam dalam jurnal Science Advances. Sejak tahun 1950-an, para ilmuwan telah mengetahui bahwa kondisi Hutan Amazon mulai menurun. Akan tetapi, para ilmuwan mengaku masih mengkaji bagaimana hal tersebut akan mempengaruhi populasi spesies.

Perbandingan data survei hutan dengan proyeksi deforestasi terkini dilakukan untuk memperkirakan di mana dan berapa banyak jenis pohon yang telah hilang.

Para penulis studi menyimpulkan bahwa Amazon memiliki lebih dari 15.000 jenis pohon, dengan kemungkinan 36-57 persen di antaranya masuk dalam kriteria Spesies Terancam.

Salah satu penulis studi, Pitman, mengatakan bahwa pihaknya tidak mengatakan bahwa kondisi jenis pohon di Amazon memburuk secara keseluruhan. Studi tersebut mereka buat untuk pelestarian hutan di masa yang akand atang.

"Kami menawarkan perkiraan baru tentang bagaimana spesies pohon telah dipengaruhi oleh sejarah deforestasi, dan bagaimana mereka akan terpengaruh oleh hilangnya hutan di masa depan," tuturnya.

Pitman mengatakan, kelestarian Hutan Amazon secara keseluruhan masih aman karena kawasan lindung dan wilayah adatnya mencakup lebih dari setengah luas wilayah. Di wilayah yang terlindung tersebut, populasi dari spesies yang paling terancam terbilang cukup banyak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement