Selasa 24 Nov 2015 06:15 WIB

Sepertiga Gaji Warga Australia Habis untuk Cicilan Rumah

Lembaga pemeringkat ‘Moody’s’ memperkirakan, kenaikan suku bunga akan semakin memperlemah keterjangkauan perumahan.
Foto: abc
Lembaga pemeringkat ‘Moody’s’ memperkirakan, kenaikan suku bunga akan semakin memperlemah keterjangkauan perumahan.

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Laporan terbaru menyebut, keterjangkauan perumahan Australia memburuk secara signifikan di saat rekor suku bunga yang rendah gagal untuk mengimbangi pertumbuhan harga rumah yang cepat.

Menurut laporan yang diterbitkan lembaga pemeringkat Moody’s, rumah tangga di Australia dengan dua penghasilan kini menghabiskan lebih dari 29 persen pendapatan bulanan mereka untuk membayar cicilan rumah.

Di Sydney, keterjangkauan rumah telah mencapai titik terendah selama 14 tahun terakhir dengan rumah tangga rata-rata menghabiskan rata-rata lebih dari 39 persen pendapatan mereka untuk membayar cicilan, naik dari 36 persen di tahun lalu.

Harga rumah di Sydney meningkat lebih dari 17 persen dalam 12 bulan hingga Oktober 2015.

Keterjangkauan rumah juga memburuk di Melbourne, di mana rumah tangga menghabiskan lebih dari 32 persen pendapatan mereka untuk membayar cicilan.

"Kami percaya itu semua didorong oleh dua pasar perumahan, dan divergensinya menjadi lebih signifikan dari tahun lalu," ujar analis Moody’s Natsumi Matsuda.

Natsumi menyebut keterjangkauan perumahan di Sydney dan Melbourne memburuk. Di sisi lain, Perth membaik dan Brisbane serta Adelaide cukup stabil.

Di Perth, pembayaran cicilan hanya sebesar 21 persen dari pendapatan bulanan rumah tangga, hasil yang lebih baik ketimbang 12 bulan yang lalu.

Lembaga Moody’s mengatakan, penurunan nasional dalam keterjangkauan perumahan telah meningkatkan risiko gagal bayar dan pembayaran utang yang sudah jatuh tempo.

Laporan itu muncul beberapa hari setelah kenaikan tingkat suku bunga independen dari empat bank besar yang diumumkan pada Oktober telah menimbulkan dampak.

Laporan Moody’s mengatakan, kenaikan suku bunga itu akan semakin memperlemah keterjangkauan perumahan.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2015-11-23/warga-australia-habiskan-sepertiga-gaji-bulanan-bayar-cicilan-rumah/1517850
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement