Kamis 26 Nov 2015 15:32 WIB

5 Juta Ton Plastik Kotori Lautan Setiap Tahun

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Karta Raharja Ucu
Alat ini rencananya akan membantu menangkap sampah plastik di air
Foto: Rocketnews24
Alat ini rencananya akan membantu menangkap sampah plastik di air

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Lima juta ton plastik dilaporkan dibuang ke lautan lepas setiap tahunnya. Plastik tersebut menurut sejumlah ilmuwan telah mencemari garam di laut.

Dilansir dari Dailymail, Kamis (26/11), peneliti telah menemukan ratusan partikel plastik dalam satu kilogram garam di sebuah industri garam di Cina. Ini membuktikan plastik telah mencemari garam di laut.

Tes laboratorium menunjukkan partikel plastik berukuran nano mampu menembus sel dan menyebabkan kerusakan jaringan. Partikel plastik juga menyebabkan bahan kimia menjadi berbahaya seperti pestisida.

Peneliti asal Universitas Normal Timur Cina, Shanghai menguji 15 merek garam laut. Ternyata telah ditemukan 550 hingga 681 partikel mikroplastik per kilogram.

Ini membuktikan makanan yang bertabur garam laut telah mengandung seribu partikel plastik saban tahun. Ilmuwan juga menduga 11 ribu partikel plastik telah ditelan manusia melalui kerang setiap tahun.

Plastik yang ditemukan dalam makanan adalah mikroplastik. Biasanya plastik jenis ini berasal dari botol, tas belanja, limbah industri dan partikel kecil yang terkandung dalam kosmetik seperti scrub dan pasta gigi. Selain itu plastik juga ditemukan dalam saluran pencernaan penyu, burung laut dan ikan paus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement