Jumat 27 Nov 2015 05:11 WIB

Komandan Taliban Pakistan Dikabarkan Tewas Akibat Serangan Drone AS

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Bayu Hermawan
Drone atau pesawat tanpa awak
Drone atau pesawat tanpa awak

REPUBLIKA.CO.ID, KHOST -- Seorang komandan senior kelompok Taliban Pakistan (TTP), Khalid Mehsud alias Kha Kata Sajna dikabarkan tewas dalam serangan pesawat tanpa awak (drone) milik Amerika Serikat, di Provinsi Khost, Afghanistan.

"Mehsud tewas dengan 12 anggota pada Rabu (25/11) ketika empat pesawat tak berawak AS melakukan serangan di wilayah Damma Afghanistan, dekat dengan provinsi Waziristan Pakistan Utara," kata pejabat intelijen Pakistan yang enggan disebutkan namanya seperti dikutip dari Al Jazeera, Jumat (27/11).

Namun, juru bicara Fraksi Sajna afiliasi Taliban Pakistan Azam Tariq membantah laporan tersebut dan mengatakan pemimpinnya masih hidup. Tariq mengatakan pihaknya dengan Sajna sebelum serangan terjadi telah mengetahui jika pimpinannya akan dibunuh.

Departemen Luar Negeri AS mencatat Sajna sebagai teroris pada 21 Oktober tahun lalu karena diduga terlibat dalam serangan Mei 2011 di pangkalan angkatan laut Mehran di Karachi.

Serangan tersebut menewaskan 10 orang dan menghancurkan dua pesawat pengintai maritim yang disediakan AS. Komandan Taliban Pakistan telah berjuang bersama Taliban Afghanistan melawan pasukan aliansi pakta pertahanan Atlantik Utara (NATO) pimpinan AS di Afghanistan. 

sumber : Aljazeera
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement