Saturday, 23 Zulhijjah 1440 / 24 August 2019

Saturday, 23 Zulhijjah 1440 / 24 August 2019

Kanada Anggarkan Dua Miliar Dolar AS Lawan Perubahan Iklim

Ahad 29 Nov 2015 06:13 WIB

Red: Ani Nursalikah

PM Kanada Justin Trudeau

PM Kanada Justin Trudeau

Foto: EPA

REPUBLIKA.CO.ID, OTTAWA -- Kanada berjanji menganggarkan hampir dua miliar dolar AS selama lima tahun untuk membantu negara-negara berkembang dalam melawan perubahan iklim, meskipun hanya beberapa hari sebelum KTT tentang Perubahan Iklim di Paris diselenggarakan.

"Kanada berkomitmen untuk mengambil tindakan serius terhadap perubahan iklim dan memfokuskan pada peluang ekonomi di lingkungan kami serta menciptakan pekerjaan ramah lingkungan di masa depan," kata Perdana Menteri Justin Trudeau dalam sebuah pernyataan, Jumat (27/11).

Trudeau berpatisipasi dalam konferensi Commonwealth di Malta sebelum menuju ke ibu kota Prancis untuk konferensi perubahan iklim di bawah naungan PBB atau dikenal dengan COP21.

Bantuan ini bertujuan untuk membantu negara-negara miskin di dunia yang beralih ke ekonomi berkarbon rendah yang berkesinambungan dan lebih tahan. Trudeau mengatakan, janji Kanada adalah peningkatan yang konkret.

"(Bantuan) ini dua kali lipat dari yang Kanada berikan pada pengumuman tentang iklim sebelumnya," kata Menteri Lingkungan Hidup Catherine McKenna pada konferensi jarak jauh.

McKenna menekankan dana akan dialokasikan pada proyek tertentu yang belum diberi nama.

Janji ini merupakan bagian dari komitmen Kanada di bawah Perjanjian Copenhagen 2009 yang berisi negara-negara maju berjanji memberi anggaran tahunan sebesar 100 miliar dolar AS untuk membiayai kebijakan iklim negara berkembang sampai 2020, yakni saat perjanjian Paris mulai berlaku.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA