Rabu 02 Dec 2015 08:06 WIB

Mark Zuckerberg Sumbangkan 99 Persen Saham Facebook untuk Filantropi

Mark Zuckerberg dan istrinya Priscilla Chan menggendong putri mereka, Max.
Foto: Reuters
Mark Zuckerberg dan istrinya Priscilla Chan menggendong putri mereka, Max.

REPUBLIKA.CO.ID, SAN FRANSISCO -- Kelahiran putri pertamanya membuat CEO Facebook Mark Zuckerberg mendonasikan 99 persen saham Facebooknya, bernilai 45 miliar dolar AS, untuk proyek filantropi. Proyek tersebut nantinya terfokus pada pengembangan manusia dan kesetaraan, ujar Mark dan istrinya dalam sebuah surat yang dikutip Reuters, Selasa (2/12).

Rencana tersebut, yang diunggah dalam status Facebook Mark, sudah mendapat tanda 'like' sebanyak 360 ribu kali. Tanda persetujuan itu diberikan pula oleh miliuner Warren Buffett dan Bill serta Melinda Gates, yang telah pula memiliki yayasan untuk menyalurkan kekayaannya lewat cara filantropis.

Rencana Mark (31 tahun) bukan yang pertama di bidang filantropi. Ketika usianya 26 tahun ia menandatangani Giving Pledge yang mengundang orang-orang kaya dunia untuk berkomitmen memberikan lebih dari separuh kekayaan mereka bagi tujuan amal hingga sepanjang hidup mereka.

"Mark dan Priscilla menggebrak dunia dengan komitmen ini," ujat Warren Buffett di status Facebooknya. "Kombinasi otak, semangat, dan sumber daya dengan skala sebesar ini akan mengubah jutaan hidup orang. Atas nama generasi masa depan, saya mengucapkan terima kasih," ujar Warren.

Putri pertama Mark lahir awal pekan lalu. Namun tidak ada kepastian tanggal berapa ia lahir. Nama lengkapnya adalah Maxima Chan Zuckerberg, lahir dengan berat 3,4 kilogram.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement