Kamis 03 Dec 2015 10:55 WIB

Racun Ikan Batu Bermanfaat Bantu Pengobatan Kanker

Ikan batu Australia dapat menyebabkan rasa sakit yang luar bisa, kerusakan jaringan sel dan bahkan kematian.
Foto: abc
Ikan batu Australia dapat menyebabkan rasa sakit yang luar bisa, kerusakan jaringan sel dan bahkan kematian.

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Ikan batu atau stonefish mungkin merupakan mimpi buruk bagi para penyelam, tapi ikan dengan bentuk yang tak biasa dan mematikan ini ternyata bisa mengurangi tingkat penolakan transplantasi pada pasien kanker.

Para ilmuwan menemukan kesamaan antara bagian yang mematikan dari bisa ikan batu, dan bagaimana sistem imun manusia bereaksi ketika mereka menolak transplantasi sumsum tulang.

Temuan ini sangat mengejutkan mengingat ikan batu memiliki reputasi yang buruk.

 

"Jika sengatannya tidak membunuh anda, bisa ikan batu dapat menyebabkan rasa sakit yang luar biasa hingga bisa melumpuhkan dan bahkan mungkin mematikan jaringan tubuh dan karenanya besar kemungkinan anggota tubuh itu perlu diamputasi".

 

Jamie Seymour, seorang profesor dari James Cook University yang mengkhususkan diri pada racun, mengatakan rasa sakit akibat sengatan ikan batu sangat menyiksa.

 

"Ikan batu merupakan salah satu dari beberapa hewan yang kita tahu hanya akan menggunakan racunnya untuk pertahanan," katanya.

 

Tetapi ikan ini ternyata mampu membantu para ilmuwan untuk memahami lebih jauh tentang tubuh manusia.

 

Profesor James Whisstock dari Universitas Monash mengatakan racun ikan batu mengandung protein perforin yang memiliki kemampuan untuk membuat lubang di dalam sel tubuh.

Baca juga:

Indonesia Diduga Serang Komputer Bank Sentral Australia

Tinggi Tubuh Suami Ternyata Pengaruhi Kebahagiaan Istri

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2015-12-02/racun-ikan-batu-ternyata-bermanfaat-bantu-pengobatan-kanker/1521510
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement