Rabu 09 Dec 2015 06:30 WIB

Ini 5 Kota Terdingin di Dunia

Museum Permafrost di kota Yakutsk, Rusia.
Foto: www.travel-tour-guide.com
Museum Permafrost di kota Yakutsk, Rusia.

REPUBLIKA.CO.ID, Musim liburan segera tiba. Untuk mengisi liburan di akhir tahun ini tidak ada salahnya jika Anda dan keluarga mengunjungi kota-kota di negara empat musim. Bisa menikmati liburan sambil bermain ice skating ataupun membuat boneka salju bersama anggota keluarga tentunya sangat mengasyikan.

Di beberapa negara yang memiliki empat musim, temperatur udara di kala musim dingin bisa mencapai -30 hingga -50 derajat celcius. Berikut lima kota terdingin di dunia untuk menjadi tujuan liburan Anda yang akan menjadi pengalaman tak terlupakan seumur hidup:

1. Yakutsk

Pergi ke kota terdingin di Rusia ini tanpa sarung tangan tambahan di musim dingin adalah ide yang sangat berisiko, karena temperatur rata-rata di sini mencapai -40 hingga -50 derajat Celcius. Temperatur terendah yang pernah tercatat di sini ialah -65 derajat Celcius.

Meski kondisi di sini sangat ekstrem, terdapat sekitar 300 ribu orang yang tinggal di kota penuh berlian dan sisa-sisa mamut berbulu ini. Jika Anda hendak mengunjungi ujung dunia ini pada musim dingin, lapisi diri Anda dengan syal yang tebal.

Selain hamparan salju dan es, Yakutsk merupakan kota yang penuh dengan museum. Museum Mamut, yang memamerkan kerangka raksasa sangat populer, begitu pula Museum Permafrost. Di sana, Anda akan diberi valenki (sepatu bot dari kain berbulu tebal, Red) untuk dikenakan dan mempelajari mengenai beragam tipe es. 

Terdapat pula Museum dan Pusat Khomus dari Warga Dunia serta pameran Harta Karun Republic Sakha (Yakutia), yang mewadahi koleksi berlian terbaik di dunia. Setelah mencicipi semua kultur tersebut, mampirlah ke restoran untuk menyantap ikan putih, rusa muda, atau daging kuda muda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement