Jumat 11 Dec 2015 13:53 WIB

Makam Sultan Agung Turki Utsmani Ditemukan

Masjid Sultan Sulaiman di Turki.
Foto: sacred-destinations.com
Masjid Sultan Sulaiman di Turki.

REPUBLIKA.CO.ID,  ANKARA -- Sejarawan telah menemukan apa yang mereka yakini sebagai kuil dan masjid Sultan Agung Sulaiman. Di sana Sultan Sulaiman dikebumikan pada 1566.   

Sulaiman merupakan sultan yang memimpin Kesultanan Turki Utsmani paling lama. Ia telah berkuasa pada usia emasnya 46 tahun.

Selain berhasil menaklukan militer di Eropa, Timur Tengah dan Afrika Utara, ia juga mengembangkan reformasi lembaga legislatif. Ia juga cinta dengan dunia seni dan teknologi.  

Seperti dikutip Anadolu Agency, tim gabungan Turki dan Hungaria, menemukan struktur di selatan Hungaria tempat Sultan Sulaiman diyakni dimakamkan.  Situs tersebut terletak dekat Szigetvar.

"Struktur heksagonal ditemukan selama ekskavasi membuktikan situs ini merupakan struktur kuil., sultan," ujar Ali Uzay Peker, akademisi Turki dari departemen arsitektur Universitas Middle East Technical.

"Masjid dan kuil dibangun sisi demi sisi. Fakta adanya menara tidak ditemukan pada penggalian pertama menunjukkan bahwa ini adalah kuil. Pada tahap ini kami bisa mengatakan telah menemukan kuil Sulaiman."

sumber : Anadolu Agency
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement