Selasa 15 Dec 2015 05:57 WIB

Jajak Pendapat Terbaru, Trump Kandidat Tertinggi Partai Republik

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Esthi Maharani
Donald Trump
Foto: REUTERS/Brendan McDermid
Donald Trump

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Jajak pendapat terbaru yang dilakukan Universitas Monmouth Amerika Serikat (AS) menempatkan Donald Trump sebagai figur yang memperoleh dukungan tertinggi sebagai calon kandidat presiden dari Partai Republik.

Trump memimpin survey dengan raihan suara 41 persen dari simpatisan Partai Republik. Ia jauh meninggalkan kandidat lain seperti Ted Cruz (14 persen), Marco Rubio (10 persen), dan Ben Carson (9 persen). Sementara itu, kandidat lain dari Partai Rebuplik hanya meraih suara di bawah lima persen.

"Jelas terbukti Trump telah memberikan pendukungnya apa yang mereka inginkan. Meski apa yang ia katakan membuat pemimpin dan pemilih Partai Republik merasa jijik," ujar direktur lembaga polling tersebut Patrick Murray seperti diberitakan USA Today, Senin (14/12).

Pada 7 Desember lalu, Trump menyebut pemerintah AS harus berhenti menerima muslim masuk ke negeri Paman Sam. Pernyataan itu lantas mengundang kecaman bahkan dari figur Partai Republik. Jajak pendapat tersebut dilakukan pada 10-13 Desember, usai Trump mengemukakan pernyataan antimuslim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement