Rabu 16 Dec 2015 02:04 WIB

Benarkah Ada Kereta Emas Nazi?

Rep: c21/ Red: Agung Sasongko
Kereta Emas Nazi
Foto: infoblizzard.com
Kereta Emas Nazi

REPUBLIKA.CO.ID, POLANDIA -- Ada atau tidaknya kereta emas Nazi di Polandia menjadi perdebatan peneliti. Sebagian peneliti menduga, kereta emas itu ada.

Dasar asumsinya, Nazi membangun terowongan panjang yang dibangun dekat Walbzych, Polandia sepanjang Perang Dunia II. Asumsi ini didukung Wakil Menteri Kebudayaan Polandia, Piotr Zuchowski. Ia meyakini, 99 persen bahwa kereta militer Nazi tersembunyi di kota tersebut.

Profesor dari Akademi Pertambangan Krakow justru menyatakan, dari hasil survei geologi di situs tersebut, tidak menemukan bukti dari keberadaan kereta api. "Mungkin ada sebuah terowongan. Tidak ada kereta," katanya dalam konferensi pers di Walbrzych, Selasa (15/12).

Dari cerita yang berkembang di warga lokal, kereta ini membawa emas ke Wroclaw setelah kota tersebut diduduki Sovier pada akhir Perang Dunia II. Namun, kereta tersebut hilang di Walbrzych.

Warga lokal, Piotr Koper dan Andreas Richter dari Jerman, mengatakan kepada pihak berwenang bahwa mereka tahu lokasi kereta. Melalui pengacara, mereka  berdua menginginkan 10 persen dari nilai apa pun yang ditemukan.

Soal keraguan peneliti, Koper mempertanyakan metodologi survei tersebut. Ia percaya kereta berisi emas itu ada di sana. Informasi tentang lokasi kereta dilaporkan dari seseorang yang mengaku mereka telah membantu untuk menyembunyikannya.

Pada rentang tahun 1943 dan tahun 1945, Nazi memaksa tawanan perang untuk menggali lebih dari sembilan kilometer dari terowongan dekat Walbrzych. Tempatnya seperti digunakan sebagai pabrik dan sebagian dibangun untuk tempat wisata.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement