Rabu 16 Dec 2015 09:26 WIB

Penumpang Kapal Pesiar Mewah Terkena Diare

Kapal pesiar Explorer of the Seas membawa 4.700 penumpang dan awak.
Foto: abc
Kapal pesiar Explorer of the Seas membawa 4.700 penumpang dan awak.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW SOUTH WALES -- Pihak berwenang di New South Wales mengatakan virus menjadi sebab sekitar 160 penumpang sebuah kapal pesiar mewah yang merapat di Sydney terkena diare.

Kapal pesiar Explorer of the Seas baru saja merapat di Sydney, dan secara keseluruhan kapal tersebut membawa 4.700 penumpang dan awak.

Direktur kesehatan umum di Distrik Lokal Sydney Tenggara Mark Ferson mengatakan wabah itu merebak beberapa hari setelah kapal tersebut meninggalkan Sydney dan menyebar dengan cepat.

"Besar kemungkinan ini disebabkan oleh virus yang sangat mudah menyebar bernama norovirus yang menyebabkan diare dan muntah-muntah," katanya.

Ferson mengatakan perusahaan yang menjalankan kapal tersebut, Royal Caribbean sudah mengambil berbagai langkah untuk menghentikan penyebarannya.

"Mereka sangat profesional dan mereka sudah melakukan pembersihan sanitasi ekstra, meminta penumpang untuk mencuci tangan mereka lebih sering, dan melakukan pembersihan ekstra ketika kapal berada di pelabuhan," kata Ferson.

"Wabah seperti ini terjadi dari waktu ke waktu, dan karena wabah sangat mudah menyebar sehingga susah mengontrolnya."

Ferson mengatakan walau jumlah yang terkena diare itu termasuk tinggi, hal tersebut sudah pernah terjadi sebelumnya.

"Wabah sebesar ini, pernah terjadi beberapa kali dengan banyaknya kapal pesiar yang berlabuh di Sydney beberapa kali dalam setahun."

"Virus ini sangat susah ditangani, karena berubah setiap beberapa tahun. Jadi hampir mirip dengan virus flu yang berubah dari waktu ke waktu. Ketika itu terjadi, mereka yang biasanya rentan akan terkena."

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2015-12-16/penumpang-kapal-pesiar-mewah-yang-merapat-di-sydney-terkena-diare/1526730
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement